Powered By Blogger

Sabtu, 05 Mei 2012

Apa Itu Dinosaurus?

Kata Dinosaurus, yang berarti "kadal yang menakutkan", diciptakan oleh Sir Richard Owen pada tahun 1842. Ia adalah seorang ahli anatomi dan paleontologi Inggris. Sejak saat itu,ahli paleontologi berusaha keras untuk dapat memahami binatang yang misterius ini, yang telah menguasai bumi selama 140 juta tahun.
Dinosaurus bukanlah suatu binatang yang telah punah. Dinosaurus adalah arkosaurus, sekelompok hewan reptilia yang juga termasuk buaya, reptil terbang(pterosaurus), reptillia laut(plesiosaurus dan iktiotosaurus). Semua itu termasuk dalam kelompok Arkosaurus,tetapi bukan dinosaurus. Mungkin tampak membingungkan, tapi semua dinosaurus adalah reptilia, namun tidak semua reptilia adalah dinosaurus.
Dinosaurus hidup pada masa Mesozoikum yang berlangsung dari 245 sampai 65 juta tahun yang lalu. Mesozoikum dibagi menjadi 3 periode, yakni Trissik, Jurasik, dan Kretaseus.
Dinosaurus mempunyai kaki yang terletak dibawah badannya, sehingga hewan ini berdiri dengan tegak. Sebagian besar reptilia mempunyai bentuk tubuh mendatar  dengan siku mengarah keluar sisi, sehingga perutnya dekat dengan tanah.
Dinosaurus juga temasuk digitigrade, berjalan diatas jari kakinya seperti kucing atau burung. Sebaliknya, reptilia umumnya termasuk kelompok plantigrade,berjalan dengan kaki yang ditapakkan datar seperti manusia.
Semua dinosaurus termasuk 1 dari 2 kelompok . Sauriskia, atau berpinggul kadal, dinosaurus yang mempunyai tulang kemaluan yang mengarah ke bawah dan ke depan. sauriskia domina selama periode triasik dan jurasik, dan merupaka nenek moyang modern dari burung modern.
 Oviraptor
Ornitiskia, atau berpinggul burung, dinosaurus mempunyai pinggul yang lebih lebar dengan tulang kemaluan yang mengarah kebawah dan kearah ekor. Semua ornitiskia adalah herbivora, dan susunan tulang kemaluan ini memungkinkan ada ruang untuk usus panjang yang diperlukan untuk mencerna makanan yang berupa tanaman. Ornitiskia dominan selama periode kretaseus.
Camarasaurus
Dinosaurus mempunyai ukuran dan penampilan yang bervariasi. Dinosaurus paling kecil mempunyai ukuran sebesar ayam . Di tahun 2000,dinosaurus paling besar yang pernah ditemukan diberi nama. Disebut Sauroposeidon, yang berarti "kadal Poseidon" untuk menghormati dewa gempa bumi dari Yunani. Mempunyai panjang 31 meter dan tinggi 17 meter, dan beratnya 60 ton. Sauropoda berleher panjang ini ditemukan di oklahoma, AS. Binatang ini hidup di pertengahan periode kretaseus dan merupakan salah satu binatang terbesar yang pernah ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar